Sebelum Berdemo, BEM Asahan Audensi dengan Kapolres

Pertemuan antara Kapolres AKBP Tatan Dirsan Atmaja dengan perwakilan mahasiswa. (foto : Deni)

Asahan, hetanews.com - Kapolres Asahan, AKBP Tatan Dirsan Atmaja menerima silaturahmi dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se Kabupaten Asahan, Rabu (11/1/2017). Audiensi tersebut dalam rangka kordinasikan rencana aksi yang akan digelar mahasiswa, Kamis (12/1/2017).

Dalam pertemuan disambut baik Kapolres Asahan, perwakilan BEM se Asahan yang hadir diantaranya Deny Syafrizal (Presiden Mahasiswa STIHMA), Aidil Syahputra (Ketua BEM AMIK Royal), Togos Halomoan Lubis (Wakil Gubernur Mahasiswa Fakultas Pertanian UNA), Bulya Ibnu Mulkan (Wakil Ketua BEM STIHMA), Joni Lubis (MPM UNA), Sonang Hati (BEM STIHMA) dan Faisal Arif Fahmi (Senat IAIDU).

Deny Syafrizal menuturkan, Presiden Mahasiswa STIHMA menjelaskan bahwa terkait isu nasional adanya rencana aksi unjuk rasa damai BEM se-Indonesia, BEM Universitas / Perguruan Tinggi se Asahan.

“Aksi unjuk rasa itu rencananya akan kami laksanakan Kamis tanggal 12 Januari 2017 dengan sasaran ke Kantor DPRD Asahan, Kantor Bupati dan Tugu Juang 45 Kisaran dengan jumlah massa diperkirakan sebanyak 100 orang,” kata Denny.

Isu aksi yang akan mereka bawakan terkait kekecewaan mahasiswa terhadap sejumlah kebijakan pemerintahan Jokowi pada awal tahun 2017 ini, yang dianggap memberatkan rakyat, diantaranya yaitu mencabut subsidi listrik dan menaikkan tarif Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Bukit Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) serta kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Menanggapi persoalan tersebut Kapolres mengharapkan para mahasiswa yang akan melaksanakan aksi unjuk rasa dapat melakukannya dengan damai dan tertib serta tidak mengganggu ketertiban umum.

Tatan menyampaikan, dalam aksi unjuk rasa itu sah-sah saja dasar hukum unjuk rasa adalah Pasal 28 UUD 1945 dan Undang-Undnag (UU) Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum. Aturan soal demo juga diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Pelayanan, Pengamanan, dan Penanganan Perkara Penyampaian Pendapat di Muka Umum.

Tatan berharap, dalam penyampaian pendapat tersebut jangan sampai menggangu ketertiban umum apalagi yang sifatnya mengganggu kenyamanan masyarakat, mari kita sama sama menjaga situasi kamtibmas yang aman dan nyaman wilayah hukum Polres Asahan.

“Ini harus menjadi contohkan oleh mahasiswa terutama di Asahan sebagai sosial kontrol yang intelektual,” pesan Kapolres.

 

Penulis: Deni. Editor: Aan.