Anies akan sediakan taman baca di seluruh di kampung Jakarta

Anies Baswedan.

hetanews.com - Calon Gubernur (Cagub) DKI Jakarta, Anies Baswedan, berpendapat minat baca berbeda dengan daya baca. Untuk itu, dirinya ingin menyediakan taman baca di Jakarta.

Menurut Anies, sebenarnya minat baca masyarakat di Indonesia tidak rendah, sebab mereka membaca tetapi hanya terkait hal-hal di media sosial.

"Keberadaan taman baca inilah yang akan meningkatkan daya baca masyarakat terhadap buku," kata Anies saat menghadiri Rabu Bersama di GOR Sunter, Jakarta Utara, Rabu (11/1).

Buku-buku yang akan disediakan oleh taman bacaan ini, dikatakan Anies, akan sangat bervariasi, karena akan menggandeng berbagai pihak untuk menyumbangkan buku-buku.

"Sehingga dalam segi kuantitas buku-buku di taman baca itu akan memenuhi kebutuhan pembaca," ujar Cagub nomor urut dua tersebut.

Variasi dan keanekaragaman buku juga didapatkan dari proses sirkulasi yang nantinya akan diterapkan di setiap rumah baca. Nantinya, konsep separuh buku di rumah baca A akan di-rolling ke rumah baca B dan begitu juga sebaliknya.

"Proses rolling ini akan menambah variasi buku bacaan sehingga pembacanya akan selalu menemukan buku baru," kata Anies lagi.

Sirkulasi buku tersebut menurut Anies juga akan menghemat pengeluaran berlebihan pembelian buku sehingga biaya pembelian dan ketersediaan buku akan tetap seimbang dan optimal.

 

 

 

sumber: merdeka.com

Penulis: -. Editor: Edo.