Pdt Jorda Pakpahan saat menyampaikan khotbah dalam perayaan ultah Pariaman Pakpahan ke 75, Selasa malam (10/1/2017). (foto : Lazuardy Fahmi).

Siantar, hetanews.com - Acara perayaan ulang tahun 'Jubelium' Pariaman Pakpahan (Opung Tatap Doli) ke 75 dilaksanakan Selasa malam (10/1/2017) di rumahnya Jalan Sudirman Kelurahan Karo Kecamatan Siantar Selatan.

Dalam perayaan ultah yang diawali dengam kebaktian itu, sejumlah teman-teman dari Pariaman Pakpahan yakni beberapa pendeta membeberkan kunci sukses dari bapak 6 orang anak itu.

Awalnya Pdt Tampubolon dari GPDI Pusat menyebutkan, bahwa Pariaman merupakan sosok yang selalu mampu menjaga kesehatannya. Sehingga dirinya tidak heran Pariaman mampu mencapai umur 75 tahun.

"Beliau ini mampu menjaga diri dan menjaga kesehatannya. Beberapa kali kami tawarkan makanan bagian dalam, beliau selalu bilang aku tidak bisa lagi makan itu, bisa dia menahan seleranya," kata Pdt Tampubolon.

Selain itu menurutnya, Pariaman memiliki sifat disiplin waktu yang tinggi. "Kalau bekerja beliau sangat disiplin. Kalau beliau bilang 5 menit lagi akan tiba, pasti 5 menit lagi tiba," ucapnya. 

Selain itu kata Tampubolon, iman yang kuat dan memiliki seorang istri yakni Boru Siahaan (Opung Tatap Boru) yang selalu memperhatikan setiap langkahnya, salah satu kunci terbesar dari Pariaman Pakpahan.

"Jika saya lagi kesusahan atau lagi kebingungan sewaktu ada acara, maunya bapak Pariaman ini bilang kepada saya, padahal saya sudah pendeta, yang tidak adanya iman mu, diberkati Tuhannya ini semua. Memang bapak ini memiliki iman yang kuat, sehingga Tuhan memberikan bapak umur yang panjang. Seelain itu, beliau juga memiliki istri yang sangat peduli kepada beliau, ini juga kunci kesuksesan dari Pariaman Pakpahan," ucapnya. 

Pendeta lainnya yakni Pdt Panjaitan menyebutkan, Pariaman Pakpahan memiliki sifat pekerja keras.

"Beliau kalau bekerja harus dikerjakan sampai selesai, dan dia bisa jalan kaki dari Jalan Ahmad Yani (kantor Sinar Indonesia Baru) sampai ke Jalan Melanthon Siregar. Dia selalu berjalan kaki kemana saja. Itulah mungkin yang membuat beliau sehat terus, karena berjalan kaki itu," kata Pdt Panjaitan. 

Dia juga mengatakan, Pariaman memiliki loyalitas yang kuat terhadap pimpinannya. "Pernah suatu saat beliau ditelepon langsung dari Medan untuk membuat suatu berita padahal itu jam 2 pagi. Baliau langsung telepon saya dan bilang wawancara agar langsung dikirimkan ke Medan saat itu juga. Itulah loyalitas beliau kepada perusahaanya, sehingga menjadi orang kepercayaan dari pimpinannya," sebut Panjaitan.

Dia juga mengatakan, bahwa loyalitasnya yang luar biasa, salah satu kunci kesuksesan terbesar dari Pariaman Pakpahan adalah karena memiliki istri yang perhatian kepadanya.

"Mungkin Boru Siahaan cerewet seperti kata anak-anaknya. Tetapi kalau tidak cerewet bisa jadi Pariaman tidak sebesar ini. Karena perhatiannya lah, sehingga Pariaman bisa sebesar ini," tukasnya.