Bank Dunia Prediksi Ekonomi Global Membaik Tahun Ini

WASHINGTON,hetanews.com - Bank Dunia dalam laporan teranyarnya yang bertajuk Global Economic Prospecta memprediksi akan terjadi penguatan perekonomian global secara moderat pada tahun 2017.

Perbaikan ekonomi global akan dipengaruhi perbaikan di negara-negara berkembang atau emerging markets.

Mengutip BBC, Rabu (11/1/2017), Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi global pada tahun ini mencapai 2,7 persen.

Pertumbuhan ini, menurut Bank Dunia, muncul setelah apa yang disebut demgam pelemahan pasca krisis pada tahun 2016.

Bank Dunia pun menyatakan ada peningkatan ketidakpastian setelah pemilihan presiden di AS.

Di samping itu, Bank Dunia juga melihat kegiatan investasi pada tahun 2017 masih akan lesu dan ada pelemahan lebih lanjut pada perdagangan global.

Untuk negara-negara berkembang dan emerging markets, kenaikan suku bunga acuan di AS dan penguatan nilai tukar dollar AS mendorong terjadinya pengetatan persyaratan pembiayaan.

Artinya, kredit akan lebih mahal atau lebih susah untuk diperoleh. Meskipun demikian, Bank Dunia mengekspektasikan pertumbuhan di negara-negara tersebut akan terakselerasi, karena harga komoditas yang naik, seperti minyak dan produk tambang.

Para ekonom Bank Dunia juga memproyeksikan tren penurunan aktivitas di dua negara berkembang besar, yakni Brasil dan Rusia, akan segera berakhir.

Untuk negara-negara maju, Bank Dunia memprediksi pelemahan pertumbuhan ekonomi terus berlanjut.

Meskipun diprediksi lebih baik dibandingkan tahun 2016, Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi negara-negara maju mencapai 1,8 persen.

Bank Dunia menilai beberapa ketidakpastian terkait kebijakan pemerintah masih akan berpotensi memberi dampak signifikan terhadap perekonomian global.

Ketidakpastian itu antara lain referendum di Inggris terkait keluarnya dari Uni Eropa dan kemenangan Donald Trump dalam pilpres AS.

 

 

 

 

sumber: BBC

Penulis: -. Editor: Edo.