KPU bakal biayai seluruh dana kampanye di pilgub DKI Jakarta

selfie pilgub dki. ©2016 media sosial

hetanews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta akan membiayai setiap alat peraga dalam kampanye yang diadakan setiap pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Kendati demikian, jumlah alat peraga dalam kampanye tersebut tetap dibatasi.

"Kami akan membiayai alat peraga kampanye sesuai dengan ketentuan tetapi jumlahnya dibatasi. Untuk papan reklame itu satu kabupaten maksimal 5 unit, untuk baliho satu kecamatan maksimal 20 unit, untuk spanduk satu kelurahan maksimal 2 unit. Itu yang kami biayai," ujar Dahlia di kantor KPU DKI, Jakarta Pusat, Sabtu (1/10).

Meskipun begitu, tim pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur tetap diperbolehkan untuk menambah alat peraga kampanye. Namun, penambahan alat peraga tersebut tetap dibatasi.

"Nantinya kita akan membahas bersama tim pasangan calon untuk menyepakati berapa maksimal dibolehkan tiap pasangan calon menambah alat peraga kampanye di tiap kelurahan, kecamatan, dan kabupaten," tutur Dahlia.

Dahlia menambahkan KPU juga akan membahas kesepakatan mengenai standar pembiayaan kampanye lainnya, termasuk biaya kebutuhan untuk peserta kampanye. Setiap pasangan calon dilarang untuk membiayai dan menyelenggarakan iklan di media massa apapun.

"Yang tidak boleh dibiayai oleh pasangan calon adalah iklan. Baik iklan di TV, radio, dan cetak, maupun online. Semua harus dibiayai oleh KPU DKI, dengan dana dari APBD," ujarnya.

Dengan begitu, dia menyatakan, setiap pasangan calon memiliki hak yang sama dalam pembiayaan pengadaan kampanye.

 

 

 

sumber: merdeka.com

Penulis: -. Editor: Edo.