Kolam renang di lokasi wisata Bukit Gibeon. (foto : Maria Sitorus).

Tobasa, hetanews.com - Bukit Gibeon dengan wisata alamnya yang indah dan mempesona merupakan objek wisata yang menjadi ikon Kabupaten Toba Samosir (Tobasa).

Objek wisata yang berada di Desa Parsaoan Sibisa, Kecamatan Ajibata ini dibangun oleh pengusaha putra daerah Tobasa, DL Sitorus.

Bukit Gibeon dirancang ditengah-tengah panorama indahnya alam pedesaan Parsaoran Sibisa yang masih steril dari polusi udara dan berada di antara hamparan pebukitan Gibeon.

Kolam renang dan wisata rohani Bukit Gibeon menawarkan ketakjuban alam semesta, kolam renang bermuara dari mata air Gibeon yang mengalir ke lembah Bukit Gibeon dan dirancang menjadi 2 unit kolam renang.

Diperkirakan debit aliran mata air sekitar 2.000 liter per detik, sehingga air kolam renang Bukit Gibeon melimpah tidak tertahan di dalam kolam, namun mengalir keluar sebanyak air yang mengalir dari atas bukit sehingga airnya bersih, dingin dan menciptakan rasa sejuk.

Kolam renang dan objek wisata rohani Bukit Gibeon salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi. Ini dikarenakan memiliki fasilitas kolam renang yang unik, airnya bersumber dari mata air Bukit Gibeon tanpa menggunakan pompa air dan tempatnya strategis dengan suasana alam yang sejuk nan hijau.

Kolam renang Bukit Gibeon menjadi tujuan pariwisata karena letaknya strategis aksesnya terjangkau. Namun ada sedikit kendala, karena jalan simpang Bukit Gibeon atau gapura pintu masuk dari ruas Jalan Siantar Toba dan Aek Natolu macet karena pasar tradisional setiap hari Minggu sepanjang akses utama menuju Bukit Gibeon.

"Mudah-mudahan Pemkab Tobasa melalui instansi terkait mampu mengatasi persoalan ini, dengan mengalokasikan pasar agar akses pintu utama masuk ke Bukit Gibeon tidak kelihatan kumuh," kata salah seorang pengunjung dari Kota Medan.

Objek wisata Gibeon dibuka mulai sekira pukul 08.00-20.00 WIB. Memasuki Bukit Gibeon ada beberapa objek wisata yang patut dikunjungi. Ini mulai dari objek wisata rohani penginjilan Bukit Gibeon yang menyimpan sejarah Alkitab dan perkakas ibadah zaman Perjanjian Lama. Selanjutnya hamparan lahan yang tertata rapi sepanjang perjalanan menuju objek wisata Bukit Gibeon.

Menurut Humas Bukit Gibeon, S Sitorus, lokasi ini masih dalam tahap pembangunan, seperti menambah unit kolam renang. Pasalnya kolam renang yang sudah ada tidak mampu menampung pengunjung istemewa pada hari libur. Selain membangun kolam renang, pihak Bukit Gibeon juga akan menyediakan arena bermain anak-anak dan kolam rekreasi sepeda air serta restoran.

"Jika sedang berada di Kabupaten Tobasa ada baiknya mengunjungi Bukit Gibeon, sembari menyaksikan indahnya kolam renang, air terjun mata air serta panorama pemandangan. Untuk memasuki objek wisata ini, pengunjung dikenakan relatif murah sebesar Rp 5-10 ribu per orang," kata Sitorus, Jumat (19/8/2016).