Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Hetanews.com libur mulai tanggal 25 Juni 2017 hingga 2 Juli 2017. Kami akan kembali tayang seperti biasa mulai tanggal 3 Juli 2017. Demikian pengumuman ini kami sampaikan kepada para pembaca Hetanews.com.

Pelanggan Maki Karyawan Toko Roti Ganda karna Acuh dan Sombong Waktu Melayani

Siantar, hetanews.com- Sejumlah pelanggan di toko roti Ganda Jalan Kartini, tampak mengeluh bahkan memaki karyawan yang sedang bekerja lantaran bersikap acuh dan sombong ketika melayani pelanggannya. Meski mendengar umpatan dari pelanggannya, para karyawan tersebut tetap cuek dan semakin acuh melayani pelanggannya, Senin (15/6).

Kegaduhan itu berawal ketika para pelanggan menunggu roti yang baru diturunkan dari truk. Lalu, pelanggan mulai berebutan memesan roti pilihannya, namun diacuhkan oleh para karyawan. Pelanggan pun mulai emosi dan mengumpat.

Tiba-tiba, seorang pria berbadan tinggi dan gemuk menghempaskan nampan kaleng yang digunakan untuk menampung roti yang sudah dipesan, ke tempat menunggu pesanan yang beralaskan keramik sehingga para karyawan dan pelanggan lainnya terkejut. Pria berkumis tersebut pun memaki para karyawan yang dinilai sangat sombong.

"Sombong kali kalian ya, sok kali ku tengok kalian. Mau belinya kami disini, mau ngasih uang tapi jadi macam pengemis kalian buat kami ini. Sok kali dari tadi kalian, menjawab pun tak ada, lewat aja kalian! Aku pun tak sukanya kue kalian ini, karena untuk keluarganya ku makanya dibeli ini," ujar pria tersebut sambil menelepon seseorang agar segera datang ke tempat tersebut.

Pelanggan lain pun mendukung pria tersebut dan ikut memaki karyawan toko roti ganda itu. "Baru tukang roti aja, sok kali kalian. Bagus-bagus kalian sama orang, biar bagus-bagus hidup kalian," ujar seorang ibu lagi.

"Ntah, tak ada ramahnya karyawannya inikan. Sudah dilihat banyak pelanggannya, tapi sempat lagi main-main sambil ketawa-ketawa. Kalau bukan karena saudara ku, mana mau aku beli rotinya ini," ujar pelanggan lainnya.

Vida (30), salah satu pelanggan yang bersedia menyebutkan namanya mengaku kesal dengan sikap karyawan toko roti ganda yang tidak baik melayani pelanggannya. Menurutnya, pelayanan toko roti ganda sangat berbeda dengan pelayanan toko roti lainnya di kota Siantar.

"Lama-lama orang pun pasti bosannya beli disini, karena toko roti lain bagus pelayanannya. Karyawannya juga ramah, pakai salam dan ucapan terima kasih. Setidaknya hanya senyuman aja pun tak bisa ditunjukkan karyawan toko roti ganda ini.  Sok kali semuanya," ujarnya.

Ia pun berharap agar pihak manajemen toko roti ganda dapat memperbaiki pelayanannya dan memberikan pengarahan kepada setiap karyawannya agar bisa bersikap ramah dan sopan kepada pelanggannya. 

Penulis: Res. Editor: EBP.
Komentar 53
  • Roida Lampet
    Setuju..mudah2 an mrk mendengar..dan pelayannya ditraining dulu..etika nya..krn dari dari dulu pelayan roti ganda udh angkuh dan sombong..ini udh 12 thn kutinggalkan kota siantar..tetap ada keluhan yg sama..masak di zaman yg udh modern ini..dan byk persaingan dagang pelayanan dan servisnya seperti itu
  • Fajrin Pane
    Kl msh membeli roti d st mk pembeli or pelanggan yg salah..jd jgn belu roti tsb..titik!
  • Nelly Agustine
    Aku ga prnh mau beli lg disitu, klu balik ke siantar, aku sll beli ke toko roti yg dekat pajak horas itu, krn di ganda karyawannya tdk profesional, mrk tdk mengerti peribahasa ,pembeli adlh raja, mdh2an tdk ada yg beli lg disitu sehinggi mrk akan terkena dampaknya.
  • Betty Joyce Glow
    Tinggal tunggu waktu tuh toko ganda...mittop..karyawan serasa owner..!!tp heran y, managementnya tau masalah ini atw mmg uda k pedean.!!!sorry...rotinya cita rasa kaki lima...ya cocok dnk hargannya murah...cuman slaynya lumayan harga murah..
  • Kartika Theresia Simangunsong
    Mampossss kelen kan.. Pegawe aja sok hebat wkwkwkwkk..
  • Sarah Sinaga
    Hahhaha,,ksihan bnget digituin sma cust!
    lgian bru kryawan roti udah smbongnya mnta ampun,emang enak dimaki
    Gue jga prnh beli disitu,gua akuin pelayanan NOL
  • Ogah Boccel
    Terkutuklah roti ganda itu... smoga bangkrut dia agar karyawannya semua di phk. Mampus situ...
  • Yen Tappu Ci Loy
    hahaha.. betul bingitz, aq ja prnah lempar serikaya ke wajah pelayan Roti Ganda yg di jl.Sutomo krn wktu aq beli roti nya sedikit,trus pelayan nya bilang "kakak beli sedikit nya,tunggu dlu sbntar.." pdhl dah nunggu stngah jam,tp di cuekin..
    mampus ko ganda.., enakan lg serikaya di toko SEDAP...
  • Tengku Dewi
    setuju !!! jgn lagi beli disitu,biar tau rasa..biar bangkrut krn udh puluhan tahun slalu begitu toko roti itu..msh byk yg lain sekitar situ yg enak
  • Mey Vanya Marpaung
    Dari awal ke sana juga udah gak suka aku dgn pelayanan toko ini. Sampai2 berpikir "kue disana rasanya biasa saja, di Siantar banyak saingannya... tp kok selalu ramai ya? Jangan2 kuat kali "pekongnya" mereka ahahahaha"
  • Franklin Rinaldi Siahaan
    Kalok emank dari dulunya pelayanan gk beres..knapa tetap rame aja tuh pelanggannya..hayo mikir kalian yg maki2 gk jelas..haha
  • Hiras Panjaitan
    Mudah-mudahan ada saingan yang lain di Siantar, pasti lambat laun leong nih toko roti
  • Franklin Sihotang
    Hahaha. Setuju buangetttssss...
  • Maria IU Sianipar
    Masukan lah itu buat ownernya... dan karyawannya pun hati2 lah kalo pembeli ogah masuk ke toko itu otomatis nanti karyawannya gak kerja lagi nambah deh pengangguran. Turun tanganlah dulu ownernya sesekali kasilah pelatihan karyawannya sambil refreshing mungkin jadi akan lebih baik nanti karyawannya bekerja melayani pembeli
  • Agustina Adelia Sirait
    Memang songong pelayan roti ganda.orang dah cape nungguin giliran pesan malah balik nanya 'kaka belum pesan sama yg lainkan?' Goblok setengah mati pertanyaannya dah gitu mukanya cembetut lagi.
  • Paris Anaksingkong
    Memang selalu begitu...
    Terbukti, toko roti yang sudah berpengalaman. Setiap ada masalah dan komplen dari pembeli, seperti merasa "ah..udah biasa..".
    Keuntungan lebih di utamakan daripada kualitas produk dan pelayanan. Parahnya lagi, para pekerjanya merasa seperti
    "toko ini punya bapak ku, kalau tidak senang pergi saja. Masih banyak yang mau beli disini.."
    Parah... -_-"

    Memang selalu begitu..

    Untuk pemilik toko, tolonglah..diperbaiki kualitas produk dan pelayanannya
    Untuk para pekerja, pembeli itu adalah raja. Tau dirilah...
    Untuk para pembeli, masi mau beli di sana ? Terserah anda. Kan anda raja... Hehehehe...
  • Devi Yuni Anjelia Hutabarat
    setuju banget, jangan karena roti ganda laris manis pelayannya jadi sombong.
    ga akan bertahan lama roti ganda tanpa pelayanan yang baik.
  • Putri Laut
    aku pun uda ga mau lg beli di situ, sok kalee yg jualan... byk yg ngeluh.. tp herannya entah knp selalu ramai pembeli.. mgkin jg pke penglaris kali yaa???
  • JavaConn Cyberstore
    Tiap harinya ada yg ngamuk disitu, hehe
  • Dody Syahputra
    Udah jangan beli lagi disana. Udah lah sombong gak halal pulak lagi. Amit2 deh
  • Yessy Nursanti
    Setujuuuuu,bedangki kali karyawan2nya itu.kalo bukan krn titipan males pun beli disitu
  • Azmi Sudrajat
    Perlu ditopak pelayannya satu-satu
  • Yunita Elisabeth Siagian
    Pelayanan kaya gini emang disanyangkan bgt, membuat pelanggan banyak yang kecewa. Tapi banyak cerita juga, kalau para pelayan di roti ganda punya sikap seperti itu karena mereka juga tidap puas dengan manajemen perusahaan, yang kemungkinan besar membuat pelayanan mereka benar2 drop dan ngga beretika. Semoga pihak roti ganda punya mata,telinga dan perasaan untuk berbisnis secara sopan dan menyenangkan pelanggan supaya usahanya lancar jaya terus.
  • Miesop Coco
    Mempertahankan itu susah drpd membuat ya menjadi no 1..... Jgn mempekerjakan karyawan yg tidak ber attitude d dalam perusahaan karena akan membuat perusahaan tsb berdampak negative.... Kdng karyawan yg tidak berpendidikan ini selalu berpikir, kl toko sepi kan g ada ruginya sama saya, kl sepi saya g capek,... Nah ini nich yg bs bikin reputasi jd rusak.... Maybe bs menjalankan sistem bonus ya jd karyawan lbh semangat dan cekatan krn d hadapkan dengan materi so owner jg bagi2 ya ama karyawan....mungkin bs lbh baik....
  • Samuel Rhine Tampubolon
    Coba para perantau yg pulkam jgn beli roti lg disana, dan jg masyarakat siantar pasti lambat laun mittop sendiri.
  • Malemna Tarigan
    coba dulu yg koment jadi pelayan ,enak mana jadi pelayan atau yg dilayani , kenapa memilih di Ganda ? selain murah, sdh pasti baru terus , barangkali pegawai perlu diberi pelatihan bagaimana melayani dengan hati , meskipun lelah , masih mampu tersenyum, karena bersyukur atas pekerjaan yang boleh membuat orang senang , pembeli jangan juga jadi sombong karena anda raja dan punya uang ,salam damai !!!
  • Ria Purba
    ak jarang beli roti ganda,.kalo kebetulan ke siantar aja,.yg enak cuma selainya,kalo roti tawarnya enak-an yg di tk gelora kaban-jahe
  • Rudy Wong
    Yg herannya uda tau pelayanan nya ga bgs, kok yg ngeluh tetp aja mo beli disana, mmg gw bkn org siantar, tp gw liat org siantar cem ga da toko roti lg di kota siantar selain ganda, selalu penuh dgn pembeli, hadehhhh.... Salah siapa ya
  • Andy Lie
    Coba lah kita mengerti dengan kondisi mereka,mereka tuh kerja dr pagi ampe malam,pst stiap org tuh ada capek nya,kalo kelen rasa kelen ga sanggup antri dsana,cari lah toko lain,ndak usa pake emosi segala,toh ndak ada yg no dong kelen pake pisau tuk belanja dsana,trus apa beda nya kelen sama karyawan dsana kalo kelen maki2 ? Kelen lebih rendah dr pada mereka...sungguh bodoh manusia yg mudah sekali terpancing emosi nya...dan aneh nya kelen sampe ngutukin rezeki org agar tumpur,sungguh comment dan doa yg ndak baik...haiyaaaaaa...hati2 smua ucapan tuh berbalik kepada diri atau rezeki Anda sndiri nanti nya lohhh...
  • Sriamah Sitorus
    Betul x tu... Bukannya enakk roti ganda itu.. Aku pun tak suka biasa z pun rotinya.. Lbh enakk roti kaki lima...
    Krn kluarga n tmn2 z minta belikan utk ole2 klu kesiantar awak...
  • Kikin Ramadhan
    Seharus nya perusahaan sekelas roti GANDA itu sdh terbilang mumpuni dan terbaik.. Selain sudah lama roti ganda jg sudah sangat terkenal di sumut bahkan sampai luar sumut.. Siantar pasti identik dgn roti ganda. Jikka hal ini kerap terjadi.. Yg perlu di pertanyakan itu adalah fihak managemen rpti ganda sendiri.. Pasti ada apa2 dgn mangemen nya. Jika tdk.. Mana mungkin karyawan yg sumber penghasilan nya dri situ tp bersikap yg tdk profesional... Dan hal ini kerap terulang... Sdh jelas ini bersumber dri owner nya.. Sungguh sangat di sayangkan...
    Harapan nya.. Smg roti GANDA berbenah... Sehingga bisa memberikan pelayanan yg baik.. Meskipun kualitas dn rasa yg krg ... Namun roti ganda sdh punya nama.. Dan jdi salah satu oleh2 dri siantar....
    Salam siantar men... Horass anak medan..
  • Dwenz Van Toernip
    persaingan bisnis , mulai dari fitnah haram , pengawet tuak , sampe karyawan yg tidak ramah . dasar
  • Lina Purba
    Mereka ini cuma karyawan aja udah sombong. Apalgi kalo bapak dia yg punya tu toko, gak tau la sombong nya kayk apa.
  • Novi Florentina Kembaren
    betul...betul...betul... pelayan2 Toko Roti Ganda memang gk ada ramahnya, trus pada bisu kali ya??? klw mmg gk bisa melayani, bilang sesuatu kek "lagi sibuk buk" "sabar ya bu" atw "tolong ngantri ya.." gt khan enak. Aku mah gk mau beli situ lagi, lebih baik beli bakpau.
  • Erick Adja Sinaga
    Karyawan toko roti ganda sombong dan tidak ramah itu bukan fitnah, tapi nyata. Kesana aja, biar tau kebenarannya! Tiap buka pasti ada aja pelanggan yang kecewa, dan pelanggan wajar kecewa. Kalo tu toko buat sedekah atau gratis, baru kurang wajar kalo ada kecewa.
  • Patar Sihombing
    Mohon jangan beli Roti Ganda lagi disitu, sudah BUDAK sombong lagi, bakarr PEKONGNYA itu..
  • Henry Parulian Tampubolon
    Amit amitlah makan roti itu lagi udahlah sombong begitu rasanyapun tak ada enaknya... Baru jadi pelayan roti ajabudah sombong....
  • Sastra Ciang
    Masih jadi karyawan aja uda sombong
    Apalagi uda jadi bos
    Maybe semua orang bisa di injak2 na

    http://www.sastraciang.com
  • Franz Rosavelino Nainggolan
    Udah..pindah ke toko single aja..atau triple kl perlu...ga sa diributin..semuakan soal pilihan..
  • Sahrin Siregar
    Emang betul x semua yg di katakan komentator terdahulu jd maunya jgn mau beli di sana saya aja sering x di pesan saudara kalo lewat siantar alasanku banyak yg lupalah maupun yg lain padahal yg malasnya saya ke sana bukan masalah dana tp muak lihat pelayanannya macam pegemis awak
  • Christine Octo Veronica
    hehehehehe.. ya mungkin pelayannya lagi capek..
  • Chandra Halasan Hutagaol
    Toko roti yg berdiri sejak zaman baholot wajar pelayanan nya masih kebawa zaman baholot, dan toko roti Ganda lah yg dimana para pencopet berkeliaran. Inti nya klw gak mau kecewa jgn belik disitu toh juga byk d siantar kita tuh toko roti yg gak kalah kwalitasnya sm Ganda tuh. Imajo tusi
  • Hutabarat Hasudungan
    Siapa lah penulis berita ini, kalau tidak mengerti arti kata, jangan asal nulis, keliatan jadinya editor asal - asalan,
    Besok daftar sekolah lagi ya, supaya tau apa arti kata "ACUH"
  • Erick Adja Sinaga
    Maaf nih yak, saya cuma pendatang di Siantar. Menurut saya, bukan hanya di kota siantar atau khususnya penulis/editor yang salah memaknai kata ACUH. Di Kota besar seperti Jakarta dan pulau jawa sekitarnya, juga masih banyak memaknai kata ACUH dengan tidak memperdulikan atau cuek. Seperti kita ketahui, telah terjadi pergeseran makna dalam bahasa sehari-hari kita. Bahkan, lirik dari banyak penyanyi terkenal di Indonesia jg memaknai kata ACUH=tidak perduli. Buktinya, banyak kok pembaca yg mengerti maksud dari berita ini, jadi kalau pun salah makna, gak lebay juga kaliii!! Kasih aja pengertian positif, jgn sombong!!
  • Sinar Masriani Sesilya Sitanggang
    Aku sudah beberapa x jadi korban. :/ trauma udah ksana.
  • Ramos Mikel Sitorus
    ini memang fakta kok...yg bilang ini isu nmpak x krywan ganda...FAKTA.

    MAKASIH ATAS BERITA INI BIAR SEMUA ORANG TAHU.
  • Leonardo Guntur Hamonangan S
    Mau dikatain gmana pun. Tetap aja org beli ganda.. pdhl rasa nya gak enak dan gak ada inovasi. Gak pake marah2 dan komplain Saya pindah ke toko roti sedap. Asli dan lbh enak.
    BTW ini situs berita kyk nya benci bgt sama ganda. Ampe berita nya ttg ganda melulu
  • Wilda Ashraf Moment
    Aku juga pernah maki pegawai roti ganda yg d jln. Sutomo
    Pegawai yg paling jijik aku liatnya ciri2_a bdn nya gendut, putih, ada tahi lalatnya
    Dia dlu di jl. Sutomo jaga kue tart
    Ishhh....cerewetnya + suka bentak2 lagi...pengen rasanya ku retak2kan dia
  • Nora Sijabat
    Memang betul sy mengalaminya juga,padahal rasa roti ganda gak enak lg hri ini dibeli besok dah keras,gak selera lg makannya
  • Ayah Dika Milanisty
    klo kata gus dur, gitu aja koq repot
    suka beli,,gak suka ya jgn di beli
    simple kan???
    ngapain harus repot2 memaki,,menyumpahin,,ngajak org2 biar pada gak beli dstu,,kan malah nambah dosa aja
    klo kalian merasa pembeli adalah raja ya berarti kalian kan bebas memilih mau beli dmna??
    dasar indonesia karna ada anggapan pembeli adalah raja berarti bebas mau semua layak nya raja
    harus di senyumin,,di layanin layak nya raja
    klen kan mau beli roti bukan beli senyum
    gimana mau maju indonesia klo pemikiran nya aja kek gitu
    MIKIR....!!!!!!
  • Betty Siahaan
    Jgn beli roti lg dsitu..
    Paraaaaaaahhhhhhh pelayannya.
    Q aja beli rotinya mau nungguin ampe 1jam. Dicuekin gt.
    Gajiii gak seberapa tp sombongnya hk ketulungan.
    Org2 yg berkunjung ke siantar ato org2 siantar gak usah lg beli roti di toko ganda itu.
    Rasa nya jg gak enak.
    Biarr tutup aja toko ganda itu.
  • Leo Napitt
    Memang bner sih..sy jg mngalami hal yg serupa ktika beli roti ganda.pegawainya kurang ramah. Klo ada yg nanya2 maunya bilang "bntar ya bang,bntar ya kak" ini diem aja wajahnya jg datar2 smua. Slesai pmbayaran jg ga ada basa basi trimakasih. Tapi herannya ya kok yg beli sampe sgitu banyak padahal ga enak2 bgt..biasa aja malah. Mungkin lewat kjadian ini bisa mningkatkan playanan roti ganda lbih baik
  • Nagamas
    positif thinking aja & be smart buyer