Tiga Warga Nyambi Sebagai Pengedar Sabu Diciduk Polsek Mardinding

Ketiga pelaku diamankan di Mapolsek Mardinding. (foto : Charles)

Karo, hetanews.com - Polsek Mardinding resor Polres Tanah Karo, Selasa (14/11/2017) berhasil menciduk 3 orang warga yang menyambi sebagai pengedar narkoba jenis sabu-sabu di tempat terpisah, Selasa (14/11/2017) sekira pukul 13.30 WIB.

Ketiga pengedar itu bernama Kita Ras Ginting (38) warga Mardingding Kecamatan Mardingding, M Ali Akbar Ginting (29) warga Desa Lau Baleng, Kecamatan Lau Baleng dan Bahagia (35) warga Desa Buluh Pancur, Kecamatan Lau Baleng.

Menurut Kapolsek Mardinding AKP Robinson Ginting melalui Kanit Reskrim, Aiptu Basmi Ginting melalui telepon seluler mengatakan, bahwa dirinya beserta personil melakukan penangkapan terhadap pelaku berawal dari hasil penyelidikan, yang diketahui Ras Kita Ginting sebagai pengedar sabu.

Kemudian dilakukan penyelidikan lebih lanjut dengan membuntuti pelaku yang sedang mengendarai sepeda motor.

"Saat akan ditangkap pelaku melarikan diri, disitu petugas terus mengejarnya sampai dapat di SD Mardinding. Kesempatan diambil pelaku dengan membuang bungkus rokok Sampoerna. Akhirnya dia tak bisa mengelak lagi, karena dalam dus atau rokok itu berisi 2 bungkus kecil plastik berwarna bening," ujar Basmi.

Selanjutnya, tersangka berikut barang buktinya dibawa ke mobil petugas dan dilakukan interogasi.  Dari hasil interogasi diperoleh keterangan barang haram itu di belinya dari seseorang bernama Ali Akbar Ginting.

Petugas tak mau patah arang, dari hasil interogasinya kemudian dilakukan penyelidikan dan pukul 15.00 WIB tepatnya di samping losd Desa Perbulan tersangka kedua berhasil ditangkap. Ali Akbar Ginting serta barang bukti 2 plastik bening yang berisi sabu langsung diamankan petugas.

Barang bukti yang diamankan petugas. (foto : Charles)

"Nah, kembali petugas melakukan pengembangan lagi dengan menginterogasi tersangka kedua. Dia mengaku barang itu dibeli dari Bahagia. Kami lanjutkan lagi melakukan penangkapan terhadap tersangka ketiga. Sekira pukul 16.30 WIB, tersangka berhasil diciduk di Cafe Bunda Jalan Renun Desa Buluh Pancur," jelasnya. 

Dan sesuai dengan pengakuan Bahagia, lanjut Basmi, mengakui menjual 1 bungkus plastik bening kecil berles merah berisi sabu seharga Rp 250 ribu.

Untuk proses penyelidikan lebih lanjut, ketiga tersangka berikut barang buktinya langsung diamankan di Polsek Mardinding selanjutnya diserahkan ke Satres Narkoba Polres Tanah Karo.

Sementara barang bukti yang disita dari tangan Raskita berupa 1 unit handphone (HP) merk Evercros, 1 lembar plastik kecil berles merah berisi sabu seberat 0,50 gram, 1 bungkus rokok sempurna dan 1 buah pipet kecil sebagai sendok takaran.

Sedangkan barang bukti yang disita dari tersangka Ali Akbar Ginting yakni 1 unit HP merk Nokia, 2 plastik kecil berisi sabu seberat 0,30 gr, uang tunai sebesar Rp 400 ribu dan 5 buah plastik berles merah kosong. 

Begitu juga barang bukti dari tangan Bahagia yang berhasil disita yaitu 1 unit HP merk Duos, uang tunai Rp 250 ribu.

Sementara saksi-saksi dalam penangkapan itu di antaranya Bripka Dipa Sitepu dan Bripka Mariadi Sianturi. 

Penulis: charles. Editor: Aan.