Diikuti 40 Perusahaan dan Ada 700 Lowongan Kerja di Job Fair

Siantar, hetanews.com - Dinas Ketenagakerjaan Kota Siantar bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Karir Universitas Simalungun (PPK-USI) mengajak masyarakat luas, khususnya di Siantar untuk mengikuti bursa kerja (job fair) yang akan dilaksanakan Jumat dan Sabtu (17-18/2017) di kampus USI gedung Auditorium Radjamin Purba Jalan Sisingamangaraja.

Ajakan ini disampaikan Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Poltak Manurung, didampingi Kepala Bidang Pendayagunaan Pelatihan dan Produktivitas Ketenagakerjaan (Kabid P3TK) Alisman Marbun, Selasa (14/11/2017). Poltak menuturkan, pelamar kerja dapat menentukan jenis pekerjaan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya. 

Para pencari kerja sudah bisa mempersiapkan lamaran pekerjaan sebanyak-banyaknya, di mana lamaran pekerjaan yang telah ditulis/dibuat, tetapi dengan mengosongkan nama perusahaan yang dituju dan spesifikasi lowongan pekerjaan yang diinginkan. Pencari kerja dapat mengisi nama perusahaan dan spesifikasi lowongan pekerjaan saat pelaksanaan kegiatan bursa kerja.

"Kegiatan ini gratis karena anggarannya ditampung dalam DPA Perubahan Dinas Ketenagakerjaan Siantar Tahun 2017,” jelas Poltak.
Lanjutnya, event besar ini menjadi salah satu program Wali Kota Hefriansyah dalam rangka mengurangi angka pengangguran di Kota Siantar.

Sementara Alisman Marbun mengatakan, sedikitnya ada 40 perusahaan yang akan hadir nantinya siap untuk menerima tenaga kerja. Diperkirakan total ada sekitar 700 lowongan kerja.

Sementara 40 perusahaan yang ikut antara lain, Wings, CIMB Niaga, Bank Mega, PT Sutan Indo Aneka Mobil, PT. Cipta Niaga Semesta (Mayora Group), RS. Vita Insani, RS Harapan, RS Tiara, Hotel Sapadia, Hotel New Anda, PT Indomaret, PT Suriatama (Suzuya), PT Kimia Farma Trading  Distributor, PT Insan Kreatif Indonesia Baru serta beberapa perusahaan besar lainnya.

Ketua Panitia Job Fair ini menyampaikan beragam jenis lowongan kerja sesuai kebutuhan perusahaan tersedia, antara lain, perawat, dokter spesialis, analisis kesehatan, bidan, taking order, kanvasing, marketing, administrasi, resepsionis, sales executive, sales front liner, dir sales executive,  account officer (R2), CMO R4 New Car, credit analis (CA), waiters, costumer servis, office boy, collector,  retail founding officer, front office, house keeping, marketing executive, mekanik, pramuniaga, foresty M Training, apoteker dan jenis pekerjaan lainnya.

Alisman didampingi Wakil Ketua Panitia sekaligus Ketua PPK USI, Mustafa Ginting mengatakan,. bahwa bursa kerja ini diharapkan menjadi salah satu upaya Pemko Siantar dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi atau kesejahteraan masyarakat, baik diri sendiri maupun keluarga dapat terpenuhi.

Disarankan juga agar para pencari kerja dengan lulusan SMA sederajat, D1-D3, S1-S2  untuk datang pada waktu yang sudah ditetapkan yaitu pukul 9.00 WIB dan menentukan lowongan pekerjaan yang diingikan.

“Silahkan memilih pekerjaan sesuai dengan kompetensi dan bidang yang dimiliki. Tentu dengan banyaknya perusahaan yang datang maka tidak sedikit jumlah tenaga kerja akan direkrut. Pencari kerja atau pelamar kerja akan mendapatkan pekerjaan tetap,” tegasnya.

Alisman menerangkan, panitia sudah menyediakan stand dan ruang wawancara. “Kita tidak bisa pungkiri informasi lowongan pekerjaan itu tidaklah mudah sampai kepada pencari kerja. Sebaliknya juga pihak perusahaan tidak lah mudah mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas. Dengan adanya bursa kerja ini kita harapkan dapat memberikan kemudahan bagi kedua pihak yaitu pencari kerja dan penerima kerja (perusahaan),” kata Alisman.

 

Penulis: Tom. Editor: Aan.