Dituntut 3 Tahun, Anak Tunggal Cafe Talenta Tersenyum

Terdakwa Adrinal Dominikus Sianturi alias Rinal saat mendengarkan tuntutan dari JPU. (foto/res)

Siantar, hetanews,com - Terdakwa kasus narkoba, Andrinal Dominikus Sianturi alias Rinal (23), dituntut 3 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Negeri (PN) Siantar, Selasa (14/11/2017).

Namun, tuntutan yang diberikan jaksa tersebut, tampaknya tidak membuatnya menyesal. Terdakwa Rinal malah tersenyum setelah mendengar dituntut 3 tahun.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Rinal selama 3 tahun penjara, dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan sementara," kata JPU Rahma Hayati Sinaga, saat membacakan tuntutan. 

Jaksa menerangkan, bahwa anak dari pemilik Kafe Talenta tersebut, terbukti bersalah dan meyakinkan melanggar pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. 

Hal yang memberatkan untuk terdakwa, bahwa perbuatannya tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas peredaran narkotika. Sedangkan hal yang meringankan, terdakwa belum pernah dihukum dan menyesali perbuatannya.

Terkait tuntutan itu, kuasa hukum terdakwa yakni, Ewrin Purba, meminta waktu selama seminggu untuk membuat nota pembelaan secara tulisan untuk terdakwa. 

Mendengar hal itu, majelis hakim yang diketuai oleh Lodewyk I Simanjuntak, dibantu dua anggota majelis hakim, Risbarita Simorangkir dan M Iqbal langsung menunda persidangan dengan mengetuk palu sebanyak tiga kali. 

Sekedar diketahui, bahwa Sat Narkoba Polres Siantar, berhasil meringkus Andrinal Dominiku di kediamannya, di Jalan Saribudolok, Kelurahan Nagahuta, Kecamatan Siantar Marimbun, Rabu (2/8/2017) lalu. 

Dari tangkapan itu, petugas berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, berupa 1 buah pipa kaca, 1 buah kompeng karet, 1 buah tutup botol dan 1 buah jarum suntik. Dan kepada petugas, terdakwa mengakui, bahwa sabu tersebut adalah miliknya.

Penulis: Res. Editor: gun.