Kejari Simalungun Limpahkan Berkas OTT Dinkes Simalungun ke PN Tipikor

Ketua Tim, Rendra Y Pardede (berdiri), bersama Pahala Eric saat P21. (foto/ayu)

Simalungun, hetanews.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Simalungun telah melimpahkan berkas  2 terdakwa terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) Dinas Kesehatan (Dinkes) Simalungun ke Pengadilan Tipikor (PN) Tipikor Medan.

Demikian dikatakan Kasi Pidsus Kejari Simalungun, Rendra Y Pardede, kepada wartawan, Selasa (14/11/2017).

"Kedua terdakwa akan segera disidangkan. Kami hanya tinggal menunggu jadwal persidangan," kata Rendra.

Secara singkat, Rendra memaparkan kronologis penangkapan terhadap dua terdakwa yakni, Lukman Damanik, selaku oknum Sekretaris kantor Dinkes Simalungun, dan Flora Sandora Purba, selaku staf honorer di Koperasi Harapan Dinkes, dengan bukti uang Rp 180 juta.

Poldasu bersama Tim Saber Pungli Simalungun, menangkap keduanya, pada 3 Juli 2017 lalu di kantor koperasi Dinkes Simalungun.

Uang tersebut dipungut dari beberapa bidan PTT yang akan diangkat menjadi PNS. Sesuai instruksi Lukman Damanik, memerintahkan sejumlah bidan PTT yang akan diangkat PNS harus menyetorkan uang kepada tersangka Flora selaku stafnya.

Kedua terdakwa saat ini ditahan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas II Siantar. Sedangkan barang bukti uang, disimpan di rekening titipan Kejari Simalungun.

Tim jaksa Rendra Y Pardede, Dasmer N Saragih, Juna Karo Karo, Indri Wirdya dan Pahala Eric dan Christianto, menjerat terdakwa dengan pasal 12 huruf e dan pasal 11 UU Korupsi jo pasal 55 (1) jo pasal 64 (1) KUHP.

Penulis: ay. Editor: gun.