Jalan Tol Medan – Tebingtinggi Resmi Beroperasi, Ini Harapan Jokowi

Presiden Jokowi saat bersama Menteri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, M Basuki Hadimuljono memantau ruas jalan tol.(foto : dok.detik)

Medan, hetanews.com - Presiden Republik Indonesia H Joko Widodo (Jokowi), meresmikan Jalan Tol Medan-Tebingtinggi ruas Kualanamu menuju Sei Rampah dan Jalan Tol Medan-Binjai ruas Medan Helvetia menuju Megawati Binjai.

Presiden  Joko Widodo, tiba di Bandara Kualanamu International Airport, Jumat (13/10/17), sekira pukul 15.45 WIB. Presiden dan rombongan disambut oleh Gubernur Sumatera Utara,  H T Erry Nuradi, Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Paulus Waterpauw dan Pangdam I/BB, Mayjen TNI Cucu Somantri, serta unsur Forkompimda Sumut.

Tampak hadir dalam rombongan Presiden Jokowi yaitu, Menteri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, M Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN, Rini Soemarno serta Sekretaris Kabinet, Pramono Anung.

Selanjutnya, Presiden Jokowi beserta rombongan menuju lokasi peresmian Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebingtinggi ruas Kualanamu menuju Sei Rampah dan Jalan Tol Medan-Binjai ruas Medan Helvetia menuju Megawati Binjai.

Pengamanan dari personil TNI maupun Polri diperketat mulai dari bandara hingga lokasi peresmian jalan tol.

Dalam peresmian tersebut, Gubernur Sumatera Utara, H T Erry Nuradi, menyampaikan, melalui pembangunan jalan tol ini diharapkan dapat memajukan perekonomian warga Sumut. Pembangunan jalan tol ini juga berkat dukungan dari semua pihak, katanya.

"Pemerintah akan tetap terus berkomitmen melalui pendekatan kewilayahan kawasan industri sehingga dapat menumbuhkan perekonomian dan memajukan kesejahteraan warga Sumut. Saya ucapkan terimakasih atas kesediaan bapak presiden untuk hadir meresmikan jalan tol di Sumut ini, “ujar Gubernur Sumut. Kegiatan dilanjutkan dengan penayangan video profile pembangunan ruas jalan tol.

Sementara itu, Presiden Jokowi menyampaikan, pembangunan ruas jalan tol ini guna  meningkatkan konektivitas untuk memperlancar distribusi  dan menurunkan biaya logistik barang dan jasa, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi di wilayah Sumut.

"Saya harap dengan dibukanya jalan tol ini, biaya pendistribusian barang akan semakin berkurang, sehingga harga kebutuhan pokok lebih murah dan rakyat semakin sejahtera. Ini bukan hanya kepentingan satu atau dua orang tapi untuk kepentingan rakyat. Dengan mengucapkan bismallah, saya resmikan jalan tol Medan-Tebingtinggi ruas Kualanamu menuju Sei Rampah dan jalan Tol Medan-Binjai ruas Medan Helvetia menuju Megawati Binjai,"ujar Presiden Joko Widodo.

Kegiatan berlanjut dengan penandatanganan prasasti, peninjauan lokasi dan selanjutnya Presiden Jokowi beserta rombongan mencoba langsung jalan tol dari lokasi peresmian sampai pintu tol keluar, di Paruh Kemiri, Lubuk Pakam.

Direncanakan, esok hari (14/10/17), Presiden Joko Widodo akan menuju Tanah Karo untuk melakukan peninjauan relokasi pengungsi gunung Sinabung, di Siosar, Kabanjahe, Kabupaten Tanah Karo.

Penulis: tim. Editor: gun.