Serahkan Dokumen Persyaratan ke KPU, NasDem Siap Verifikasi Faktual

Ketua KPUD, Mangasi Purba saat menerima dokumen dari Partai NasDem.(foto/pamai)

Siantar, hetanews.com - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kota Siantar, menyerahkan dokumen persyaratan partai politik calon peserta pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019 kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Siantar, Jumat (13/10/2017), pukul 16.00 WIB.

Langkah selanjutnya, partai besutan Surya Paloh itu siap melakukan verifikasi faktual.

Ketua DPD Partai NasDem, Frans Herbert Siahaan tampak hadir dalam penyerahan dokumen itu. Frans terlihat didampingi Ketua DPD Garda Pemuda  NasDem, Romean Siahaan, Sekretaris DPD Partai NasDem, Fernando Sitorus,  Tongam Pangaribuan dan Frengki Boy Saragih yang juga anggota DPRD Kota Siantar dari Partai NasDem, serta ratusan pengurus dimulai dari DPD, DPC dan Garda NasDem.

Penyerahan berkas tersebut, langsung diterima oleh Ketua KPUD, Mangasi Purba, didampingi sejumlah komisioner, seperti Jaffar Siddik,  Riswanti dan Amril Zein. Dan disaksikan oleh Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslih) Kota Siantar yang diwakili  Muslimin Akbar.

Komisioner KPUD Siantar saat menerima pengurus DPD Partai NasDem kota Siantar.(foto/pamai)

Frans Herbet mengungkapan, sebelum tiba di kantor KPUD, Jalan Porsea, Kelurahan Teladan, Kecamatan Siantar Barat, mereka terlebih dahulu menggelar pawai di inti Kota Siantar.

“Start dari kantor, masuk ke Jalan Sutomo, terus Jalan Merdeka, masuk Jalan Pane, lalu Jalan Sudirman, kemudian Jalan MH Sitorus dan ke KPUD,” ungkapnya.

Tujuannya, lanjut Frans, agar NasDem lebih dikenal masyarakat Siantar.

“Partai ini kan masih partai balita, masih partai baru. Jadi, ini cara kami supaya dikenal orang. Sebelum pawai pun tadi kita brifing dulu, saya sampaikan agar pawainya sopan, santun, tenang, nggak boleh teriak-teriak, dan nggak boleh terlalu vulgar,” jelasnya.

Terkait penyerahan dokumen itu, Frans menuturkan, dokumen mereka sudah diterima oleh KPUD. “Kedepan, kita siap untuk melakukan verifikasi faktual,” tegasnya.

Tidak hanya Partai NasDem, pada hari yang sama, Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Siantar juga menyerahkan dokumen persyaratan kepada KPUD. Dokumen tersebut diserahkan langsung oleh Ketua DPD PAN, Zainal Purba.

Sama halnya dengan Partai NasDem, dokumen PAN juga sudah diterima KPUD. "Dokumen kedua partai itu sudah dapat diterima untuk diverifikasi lebih lanjut," ujar Ketua KPUD Siantar, Mangasi Purba.

Sementara itu, Muslimin Akbar, mengaku bahwa kehadirannya di kantor KPUD, untuk mengontrol proses penyerahan dokumen tersebut.

Penulis: Pamai. Editor: gun.