Kadis PUPR Siantar Terapkan Konstruksi Nano - Nano pada Peningkatan Jalan

Tampak konstruksi peningkatan jalan dari lapen dan rabat beton.(foto/zai)

Siantar, hetanews.com - Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Siantar, Jonson Tambunan, selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), terapkan konstruksi nano - nano (macam-macam,red) pada peningkatan jalan.

Seperti terpantau, Jumat (13/10/2017), peningkatan jalan di Jalan Patuan Angggi, Kecamatan Siantar Utara, menggunakan konstruksi lapisan penetrasi (lapen). Sedang dilokasi lainnya, menggunakan rabat beton.

Selain konstruksi nano-nano, spesifikasi tehniknya juga terkesan mirip bunglon yang menyesuaikan tempat. Untuk rabat beton, ada menggunakan tulangan dan tidak. Ada bahan baku redymix dan K225 manual.

Tampak konstruksi peningkatan jalan dari lapen dan rabat beton.(foto/zai)

Sedangkan untuk spesifikasi tehnik peningkatan jalan lapennya, ada menggunakan kericak 5,7 untuk lapis bawah, ada kericak 3,5 sekali hampar dengan kericak 2,3. Dan volume galian pondasi bervariasi (suka-suka) .

Spesifikasi tehnik lapen di atas ini terlaksana pada peningkatan jalan, Jalan Patuan Anggi, Kecamatan Siantar Utara. Tampak tertera pada plank proyek itu dikerjakan CV Muara Indah senilai Rp 1.180.955.000.

Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2017 Pemko Siantar dengan nomor SPK 600/16/SPP-PJJ-UTR. APBD/PUPR/2017  tanggal 22 Agustus 2017 dengan masa pengerjaan 180 hari kalender.

Tampak di lokasi, kegiatan tersebut terhenti alias sedang tidak dikerjakan. Selain di lokasi itu, sejumlah kegiatan peningkatan jalan yang digelontorkan dinas PUPR Siantar lainnya juga terhenti alias mangkrak.

Penulis: Zai. Editor: gun.