Seribu Orang akan Hadiri Kampanye GNNT di Lapangan Parkir Pariwisata

Kepala KPw Bank Indonesia Pematangsiantar, Elly Tjan saat memberikan keterangan pada wartawan.

Siantar, hetanews.com - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Pematangsiantar akan menggelar kampanye Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), Minggu (15/10/2017) sekira pukul 06.00 WIB di Lapangan Parkir Pariwisata, Jalan Merdeka, Kecamatan Siantar Barat.

Kepala KPw Bank Indonesia Pematangsiantar, Elly Tjan mengatakan, peserta kampanye GNNT ini akan diikuti 1.000 orang terdiri dari para pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), mahasiswa, perbankan, perusahaan telco dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Siantar-Simalungun.

“Kampanye ini mensoalisasi GNNT agar masyarakat beralih ke non tunai untuk transaksi ekonomi. Kegiatan seperti ini juga pernah kita lakukan tahun lalu di Universitas HKBP Nommensen dengan melibatkan para guru-guru,” sebut Elly Tjan di ruang kerjanya, Kamis (12/10/2017).

Elly menuturkan, pihaknya juga mengandeng 2 perusahaan telco yakni Telkomsel dan XL. Sementara dari perbankan adalah Bank Mandiri, BCA, BRI dan BNI. Selain itu, disediakan juga stand bazaar untuk pameran produk perbankan dan perusahaan telko, serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Sementara di hari H ada kegiatan color run 5 K yang akan diikuti para peserta Di mana peserta diberikan kartu dam card untuk ditukarkan ke stand bazar dengan nilai maksimal Rp 25 ribu.

“Kampanye GNNT itu terbentuk suatu komunitas atau masyarakat yang lebih menggunakan instrumen non tunai (Less Cash Society/LCS), khususnya dalam melakukan transaksi atas kegiatan ekonominya,” sebut Elly.

Lebih lanjut dia mengatakan, penggunaan uang elektronik secara luas di masyarakat akan meningkatkan efisiensi biaya transaksi ritel, terutama dalam mengurangi biaya cash handling. Selain itu, LCS juga akan mengurangi biaya cetak dan operasional uang kartal yang diotorisasi oleh Bank Indonesia.

Elly mengatakan, kampanye GNNT ini mengusung tema ‘Generasi Muda Pematangsiantar sebagai pelaku Transaksi Non Tunai’. Kampanye GNNT ini menjadi sarana sosialisasi dan edukasi masyarakat, penyebarluasan informasi maupun  promosi instrumen pembayaran non tunai kepada masyarakat Siantar, khususnya generasi muda kota Pematangsiantar dan sekitarnya serta mendukung program Bank Indonesia dalam rangka menciptakan terbentuknya LCS.

“Melalui kegiatan itu kita mengharapkan kerjasama berbagai pihak, termasuk dari Jurnalis Ekonomi Siantar-Simalungun (JESS) untuk mensosialiasasikan kampanye GNNT,” papar Elly.

Sebelum acara puncak kampanye GNNT, Bank Indonesia Pematangsiantar juga sudah melakukan beberapa perlombaan seperti penulisan artikel populer GNNT, lomba foto kontes selfie/groupie dan penciptaan Jingle GNNT.

 

Penulis: tim. Editor: Aan.