Transaksi Sabu, BHL Ini Dibekuk Polsek Tanah Jawa

Tersangka Jihadan Pohan saat di Mapolsek Tanah Jawa.(foto/zai)

Simalungun, hetanews.com - Personil Polsek Tanah Jawa berhasil membekuk seorang pelaku tindak penyalahgunaan narkotika jenis sabu, Rabu (11/10/2017) sekira pukul 22.00 WIB, dari pinggir jalan umum Simpang Emplasmen Kebun Marihat, Nagori Silampuyang, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun. 

Pria yang diamankan tersebut bernama Jihadan Pohan (25), kesehariannya Buruh Harian Lepas (BHL), warga Marihat Ulu, Nagori Silampuyang, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun. 

Dari pelaku, polisi juga menyita barang bukti, berupa satu buah plastik klip kecil berisi butiran kecil diduga narkotika jenis sabu dan satu unit sepeda motor Honda Karisma warna hitam tanpa plat,  \dengan nomor mesin JB11E112977.

Penangkapan Jihadan Pohan sesuai Laporan Polisi nomor : LP /  185 / X / 2017 / Simal  T Jawa,  tanggal 12 Oktober 2017.

Informasi yang dihimpun hetanews, pada hari itu juga, Rabu (11/10/2017), pukul 21.00 WIB,  pelapor mendapat informasi dari masyarakat yang layak dipercaya, menerangkan bahwa ada warga Tanah Jawa akan membeli sabu kepada seseorang yang belum diketahui identitasnya.

Mendapat informasi tersebut, kemudian pelapor bersama saksi melakukan penyelidikan terhadap orang yang dicurigai itu hingga ke wilayah Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun. 

Kemudian, tepatnya di Simpang Emplasmen Kebun Marihat,  pelapor dan saksi melihat orang yang dicurigai lagi nongkrong bersama dua orang temannya. 

Dengan tidak mau kehilangan jejak,  kemudian pelapor bersama saksi langsung melakukan pengejaran dan berhasil melakukan penangkapan terhadap satu orang dari tiga orang yang dicurigai tersebut. Sedangkan yang dua orang lagi berhasil melarikan diri. 

Selanjutnya pelapor bersama saksi melakukan interogasi terhadap orang yang berhasil ditangkap tersebut dan mengaku bernama Jihadan Pohan.

Selanjutnya pelapor bersama saksi, melakukan penggeledahan dan ditemukan satu plastik klip kecil berisi butiran kristal diduga sabu yang terletak di atas tanah, dekat dengan sepeda motor pelaku Jihadan Pohan.

Dan atas pengakuan pelaku, plastik klip yang berisi butiran kristal diduga sabu adalah miliknya yang baru dibeli dari seorang laki-laki yang dikenalnya bernama Ahir Gunawan Hutagalung, warga Huta Silau Manik, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun. 

Atas kejadian tersebut, pelapor bersama dengan  saksi melakukan tindakan hukum, berupa penangkapan dan penyitaan serta penggeledahan. Selanjutnya tersangka dan barang bukti dibawa ke Polsek Tanah Jawa guna diproses sesuai dengan hukum yang berlaku di NKRI.

Penulis: Zai. Editor: gun.