Parmaksian Kini Semakin Terang Berkat PT TPL, Diharapkan Turunkan Angka Kriminal

Jalan umum di Kecamatan Parmaksian semakin terang karena perbaikan lampu jalan di 54 titik. Perbaikan lampu jalan 54 titik ini, merupakan program pengembangan masyarakat PT Toba Pulp Lestari, Tbk di bidang infrastruktur dalam memperbaiki lampu jalan yang rusak di sepanjang jalan di Kecamatan Parmaksian.

Tobasa, hetanews.com - Kondisi jalan gelap di Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) kini sudah teratasi PT Toba Pulp Lestari (TPL) Tbk memperbaiki lampu jalan sebanyak 54 titik.

Junner Sitorus, Kepala Desa Tangga Batu 1, menjelaskan, bahwa kondisi gelap menyebabkan rawan akan tindak kriminal.

“Terima kasih kepada PT TPL yang memeberikan perhatiannya kepada kecamatan Parmaksian khususnya desa kami. Ini bukti bahwa PT TPL juga merasa memiliki desa kami,” tutur Junner.

Perbaikan lampu jalan 54 titik ini merupakan program pengembangan masyarakat PT TPL di bidang infrastruktur dalam memperbaiki lampu jalan yang rusak di sepanjang jalan di Kecamatan Parmaksian.

Camat Parmaksian, Paiman Butarbutar, mengakui bahwa lampu jalan di Kecamatan Parmaksian merupakan bantuan dari TPL semenjak tahun 2015.

“Ada 182 titik lampu yang dibangun TPL di Kecamatan ini. Program ini sangat bagus dan saya harap dapat bertahan, kalau bisa meningkat hingga ke jalan-jalan desa," ujar Paiman Butarbutar.

Ramida Siringoringo selaku Manajer Pengembangan Masyarakat TPL, mengakui bila ini merupakan program lanjutan.

“Yang kita perbaiki adalah lampu yang rusak dan tidak menyala lagi. Kita melihat dengan matinya lampu dapat membahayakan para pengguna jalan, semoga bantuan ini dapat bermanfaat dengan baik,” ujar Ramida.

PT Toba Pulp Lestari diwakili Staf Departemen Pengembangan Masyarakat, Rosmelia Sinaga, melaksanakan serah terima bantuan dua unit tiang listrik untuk Desa Siruar kepada Kepala Desa Siruar, Rumondang Sitorus, Selasa (26/9/2017). 

Sementara itu, B Sibuea, salah seorang warga menjelaskan, pernah ada terjadi kecelakaan dikarenakan pengendara motor tidak dapat melihat hewan yang melintas.

“Jika sudah terang begini, para pengendara motor sudah bisa melihat jalan dengan terang jadi tidak ada lagi kecelakaan, terima kasihlah TPL," ujar Sibuea.

Bantuan Tiang Listrik di Desa Siruar

Sebelumnya, TPL juga telah telah menyerahkan 2 unit tiang listrik di Desa Siantar Utara (Siruar), Kecamatan Parmaksian.

Kepala Desa Siruar, Rumondang Sitorus, mengapresiasi perusahaan dalam mendukung penerangan desa untuk kenyamanan dan keamanan warga dalam beraktivitas sehari-hari.

 “Warga kini tidak lagi kesulitan dalam beraktifitas dan nyaman untuk melakukan kegiatannya sehari-hari. Tiang listrik ini membantu untuk mengalirkan arus listrik dan penerangan lampu jalan,” ujar Rumondang Sitorus.

Rumondang menambahkan, bahwa tiang listrik ini memberikan kontribusi listrik dan penerangan bagi sekitar 40 KK (kepala keluarga) dari warganya di Desa Siruar. Bantuan ini merupakan lanjutan dari bantuan TPL di bulan September 2017.

Beberapa waktu lalu TPL melaksanakan serah terima beberapa proyek pengembangan masyarakat, yakni pembangunan jalan rabat beton dan lampu jalan, di Desa Siruar serta pembangunan Masjid Al Muttaqin, Desa Lumban Huala.

 

Penulis: tim. Editor: gun.