Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Hetanews.com libur mulai tanggal 25 Juni 2017 hingga 2 Juli 2017. Kami akan kembali tayang seperti biasa mulai tanggal 3 Juli 2017. Demikian pengumuman ini kami sampaikan kepada para pembaca Hetanews.com.

Berdagang Ikan Hias Bisnis Menjanjikan

anak-anak yang sedang memperhatikan berbagai jenis ikan untuk dibeli.

Siantar, hetanews.com

Berjalan- jalan diseputaran Gang Mariam Tomong atau biasa dikenal Pajak Hongkong di kawasan Jalan Surabaya, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat, Kota Siantar, dapat ditemui pedagang ikan hias. Mereka menjual bibit bibit ikan yang diternakkan seperti ikan lele.patin,makanan ikan perkakas aquarium dan sebagainya, Kamis (3/7/2014) sekitar pukul 12.30 WIB.

Bagi orang  yang hobi ikan hias akan singgah melihat sejenak apa yang indah dari bentuk ikan tersebut. Selain menambah koleksi, ikan hias dan aquarium juga dapat menambah ornamen keindahan suasana rumah. Bagi ikan -ikan yang akan diternakan seperti lele dan ikan lainya juga menjadi menjadi sumber penghasilan.

Ikan - ikan laga atau biasa di panggil Cupang Nias juga ada dijual ditempat ini. Ikan yang beraneka jenis warna dan ekor berbeda -beda  ini dimassukkan dalam satu botol. Karena apabila digabungkan akan saling melukai dan menyerang, Di dalam  botol ikan ikan tersebut ditutup dengan helaian kertas agar tidak terlihat satu sama lain, karena sifat dari jenis ikan ini memang selalu diadu atau dilaga. 

Ahmad (29) salah satu pedagang menuturkan, harga yang dijual pun berbeda - beda, tergantung dengan jenisnya. Harganya mulai Rp 5 ribu hingga ratusan ribu rupiah. "Karena jenis ikan ini pun punya klasifikasi dan kelas yang berbeda. Bagi para pecinta adu ikan laga akan paham betul jenis ikan dan pasangan aduanya. Umur ikan ini pun dapat mencapai empat sampai lima tahun lebih tergantung perawatanya," sebut Ahmad.

Dibutuhkan perawatan intens ikan laga, seperti mengganti airnya sekali dalam sehari. Sementara memberi makan dua kali sehari, seperti cacing halus atau pelet. Untuk kesehatan ikan memang benar dipastikan dan tergantung keserasian.

Warga Jalan Nagur, Kecamatan Siantar Utara ini mengaku, para pecinta laga ikan di Siantar  banyak peminatnya, sehingga  ikan ini tidak  menjadi musiman melainkan tetap." Ya harapannya sih ada kontens ikan hias dan laga ikan di Siantar," jelasnya.

Penulis: Hug. Editor: Aan.