Kapolres Taput Beri Penghargaan pada Prajurit TNI Bantu Kecelakaan Bus ALS

Kapolres Taput AKBP Jonius Taripar Parsaoran Hutabarat memberikan penghargaan prajurit TNI Kodim 0210/TU.

Taput, hetanews.com - Kapolres Tapanuli Utara (Taput) AKBP Jonius Taripar Parsaoran Hutabarat memberikan penghargaan dan ucapan terimakasih kepada prajurit TNI dari Kodim 0210/TU.

Pemberian penghargaan tersebut dilakukan dalam bentuk upacara di lapangan markas Kodim 0210/TU di Tarutung, Sabtu (12/8/2017), langsung dihadiri Komandan Kodim 0210/TU, Letkol Ezra Nathanael dan dihadiri sejumlah prajurit TNI dan anggota Polres Taput.

Kapolres di hadapan prajurit TNI dan Polri mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel yang ikut serta dalam mengamankan situasi arus lalu lintas akibat tanah longsor pada saat peristiwa kecelakaan Bus ALS, kemarin, di Jalinsum Tarutung-Sipirok Km 31-32 di Desa Lobupining, Kecamatan Pahae Julu, hingga mengakibatkan korban jiwa 2 meninggal dunia dan 3 luka-luka.

Apresiasi dan reward yang setingginya juga disampaikan Kapolres kepada sejumlah prajurit TNI Kodim 0210/TU yang ikut langsung membantu korban meninggal dunia dan luka-luka, 1 di antara 2 korban meninggal dunia yang diseruduk bus Antar Lintas Sumatera (ALS) merupakan anggota Polres Taput, yaitu Bripka David Marpaung (32).

Di mana saat kejadian, prajurit TNI ikut mengevakuasi korban dari lokasi hingga menuju ke RSUD Tarutung.

Prajurit TNI yang mendapat penghargaan dari Kapolres Taput itu adalah Serma HY Simanungkalit, Serda Tiopan, Serda Y Nasution dan Praka E Siregar.

"Saya salut dan memberikan penghargaan tinggi bagi prajurit TNI yang membantu mengevakuasi korban almarhum Bripka David Marpaung dari lokasi kecelakaan hingga menuju RSUD Tarutung. Kita akan selalu bekerjasama dan menggandeng TNI dari Kodim 0210/TU bersama Babinsa dalam menjaga Kamtibmas,” ujar Taripar.

Sementara Dandim 0210/TU, Letkol Ezra Nathanael mengatakan, penghargaan ini merupakan motivasi untuk prajurit TNI terutama Babinsa yang bersentuhan langsung agar berbuat terbaik bagi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban, melindungi dan melayani, di samping sebagai penjaga keutuhan NKRI.

Sebagaimana diberitakan, bus ALS nomor polisi BK 7130 LD, Kamis (10/8/2017), tergelincir dan menyeruduk sejumlah orang di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Tarutung-Sipirok Km 31-32, tepatnya di Desa Lobupining, Kecamatan Pahae Julu, Kabupaten Taput.

Akibat kejadian tersebut, dua orang tewas, yaitu Sobaruddin Lubis (36), warga Simangambat, Kabupaten Madina, tewas di tempat dengan luka di kepala dan kaki. Sementara seorang anggota Polres Taput yang bertugas di bagian Propam Brigadir David Marpaung (32), meninggal dunia di RS Tarutung akibat luka mengenaskan di bagian kepala, wajah, dada dan kaki.

Tiga yang mengalami luka berat yaitu, Marganda Lumban Gaol (46) warga Pollung kabupaten Humbahas (pekerja yang sedang memperbaiki jalan), Parmohonan Harahap (57) warga pasar X Tembung kota Medan (Sopir Bus ALS yang lain) mengalami patah kaki. Kemudian Marga Nasution mengalami luka di kaki. 

 

 

 

 

 

sumber : medansatu.com

 

Penulis: -. Editor: Aan.