Sampah Berserakan di RSUD Porsea Dikeluhkan Pasien dan Pengunjung

Kondisi RSUD Porsea Tobasa yang jorok akibat sampah berserakan. (foto : Aldy)

Tobasa, hetanews.com - Pasien dan pengunjung mengeluhkan sampah yang tak terurus alias berserakan, di RSUD Porsea Kabupaten Toba Samosir (Tobasa). 

Salah satu pasien, M Sinaga, ketika ditemui hetanews, di RSUD Porsea, Sabtu (12/08/2017), mengatakan, sepertinya sampah yang berserakan menjadi persoalan klasik, di kawasan rumah sakit milik Pemkab Tobasa ini. 

Dirinya sudah beberapa kali berobat dan mengantar keluarga yang sakit ke rumah sakit ini. Namun masih saja ditemukan sampah, di sejumlah lokasi.

“Padahal, ini satu-satunya rumah sakit yang dapat kami datangi ketika dalam kondisi sakit dan darurat,” katanya. 

Menurutnya, pihak RSUD seharusnya mempunyai petugas lebih banyak untuk menjaga kebersihan lingkungan rumah sakit. 

“Petugas ini harus bekerja sesuai waktu kerjanya dan dibagi, pagi sampai siang dan siang sampai sore, karena waktu-waktu itu kunjungan sangat banyak, baik pasien maupun masyarakat yang datang menjenguk keluarga, sehingga kondisi dan suasana di rumah sakit ini nyaman,” ujarnya. 

Salah satu petugas kebersihan RS, A br Napitupulu, mengaku ia dan rekan-rekannya membersihkan halaman dan lingkungan rumah sakit sejak pagi sampai sore.

Hal ini dilakukan setiap hari, sebab jumlah mereka lebih sedikit dibandingkan beban kerja yang dilakukan. Meski demikian, ia enggan menyebutkan jumlah petugas kebersihan di RS itu.

“Pernah kita usul untuk penambahan tenaga agar dibagi dalam shif kerja, tetapi pihak manajemen rumah sakit belum menjawab sampai sekarang,” katanya.

Penulis: aldy. Editor: gun.