Kericuhan Tidak Pengaruhi Pengukuran Lahan di Lumban Julu

Lahan yang diukur BPN di Lumban Julu.

Tobasa, hetanews.com - Pengamanan aktifitas Badan Pertanahan Nasional (BPN) oleh Polres Toba Samosir (Tobasa)'dalam pengukuran lahan tanah, di Sionggang, Kecamatan Lumban Julu, berjalan sukses.

Guna mengantisipasi kerawanan, kemungkinan timbulnya konflik antar kelompok saat petugas BPN melakukan pengukuran dilokasi lahan tanah yang masih berpolemik dalam kepemilikannya, Polres Tobasa bersama Polsek Lumban Julu melakukan pengamanan, Selasa (8/8/2017) lalu.

Sengketa tanah itu sendiri terjadi antara Tiarna Manurung dengan Oppu Mekkel  yang masing-masing mengakui dan mengklaim merasa sebagai pemilik.

Pengamanan dilakukan dengan mengawal aktifitas petugas BPN saat melakukan pengukuran yang didampingi pemilik surat warisan dari Panean dan Surat Keterangan Tanah (SKT) hingga diberikan patok di lokasi lahan tanah yang terletak daerah Situmurun Sibola Sionggang, Kecamatan Lumban Julu, sebagaimana pengukuran koordinat tanahnya yang sudah ditentukan.

Pengamanan dipimpin Kasat Intel Polres Tobasa, AKP Nazarudin Siregar, Kanit Aiptu Pagar Siagian, Kapolsek Lumban Julu, AKP Hermansyah Siregar yang diawali apel bersama, di halaman Polsek Lumban Julu.

Polemik permasalahan kepemilikan lahan tanah terjadi karena antara Tiarna dengan Oppu Mekkel  belum ada penyelesaian, sehingga polemik terkait permasalahan tanah  sampai sekarang masih terjadi. Untuk itu diperlukan pengamanan.

Kegiatan aktifitas BPN, diantaranya melakukan pengukuran hingga dipatok oleh pemilik SKT sesuai koordinat titik lokasi yang sudah ditentukan BPN dengan memberikan tanda, berupa patok  plat besi dihubungkan dengan patok lainnya yang tertanam.

Sebanyak 100 titik setelah diukur diberikan tanda patok yang menghubungkan antara patok yang satu dengan patok lainnya. Kasat Intel Polres Tobasa, Nazrudin Siregar dan Kapolsek Lumban Julu,  Hermansyah Siregar yang mengikuti jalannya pengukuran BPN dan pemasangan patok berharap agar aktifitas dalam pelaksanaan pematokan berjalan lancar. Kegiatan BPN  itu berjalan sukses, meski ditandai kericuhan.

 

Penulis: sitorus mel. Editor: gun.