Apa Cerita Pak Polisi ? 3 DPO Pemerkosa Pelajar Siantar Belum Ditangkap

AKBP Doddy Hermawan.

Siantar, hetanews.com - Kasus pemerkosaan dialami pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kota Siantar belum tuntas diselesaikan aparat Polres Siantar.

Hal ini merujuk 3 pelaku berstatus Daftar Pencarian Orang (DPO) kasusnya belum diseret ke meja hijau. Polisi dinilai tidak serius menangani kasus yang terjadi pada Desember 2016 silam.

Praktisi hukum Alexander Harefa dimintai tanggapannya menduga aparat tidak serius terhadap kasus yang menimpa SR, pelajar kelas 10 di salah satu SMA Kota Siantar itu. 

Lima dari 8 pelaku sudah djatuhi hukuman oleh pengadilan, sedangkan 3 DPO yang juga pelakunua belum diungkap Korps Bhayangkara itu.

"Ketiga pelaku yang sampai saat ini belum tertangkap karena dari pihak kepolisian tidak ada ketegasan terhadap kasus yang sudah lama ini," kata Alex dalam keterangan tertulis yang diterima hetanewscom.

Lebih lanjut dikatakannya, ketidaktegasan aparat Polres Siantar di bawah komando AKBP Doddy Hermawan lantara belum ada kejelasan terhadap ketiga DPO kasusnya. Dirinya mengatakan, kinerja polisi belum optimal terhadap kasus yang menimpa pelajar itu.

"3 orang DPO sampai saat ini tidak jelas karena kinerja dari kepolisian kurang maksimal," tambahnya yang dimintai tanggapan pada Jumat (11/8/2017).

Alex menambahkan, kasus yang sempat santer di wilayah Siantar-Simalungun sudah selayaknya diambil alih Kepolisian Daerah Sumatera Utara.

"Jadi sudah saatnya pihak Polda Sumatera Utara (Poldasu) turun dalam penanganan terhadap DPO dalam kasus tersebut," harap pengamat hukum itu.

Sementara, terkait perkembangan kasusnya Polres Siantar belum memberikan keterangan. Kapolres Siantar AKBP Doddy Hermawan belum merespon konfirmasi wartawan.

Sekedar mengingatkan, kasus ini mencuat pada Desember 2016 yang lalu di lingkungan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 7 beralamat di Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Siantar Utara.

Korban berinisial SR diduga diperkosa secara beramai-ramai oleh 8 orang pelaku. 5 pelaku diantaranya sudah divonis oleh Pengadilan Negeri Siantar. Polisi yang disebut sudah mengeluarkan status DPO terhadap ke 3 pelaku berinisial SS, JM dan MS, namun belum ditangkap hingga saat ini.

Baca :

Dua Pelaku Cabul SR Divonis 3 Tahun, yang DPO Kapan Ditangkap ?

Turun 2,5 Tahun, 3 Terdakwa Pencabul SR Divonis 5 Kalender

Siswi SMA Dicabuli dan Dianiaya 8 Orang dengan Modus Diajak Makan

 

 

 

 

Penulis: BT. Editor: Aan.