Sungai Bah Bolon Mendadak Berwarna Merah, Ternyata Ini Penyebabnya

Air Sungai Bah Bolon yang berubah warna menjadi merah. (foto : Huget)

Siantar hetanews.com - Sejumlah warga yang bermukim di Jalan SKI Kelurahan Naga Huta Kecamatan Siantar Selatan mendadak heboh dikarenakan air Sungai Bah Bolon berubah menjadi merah.

Setelah ditelusuri ternyata penyebabnya tumpukan pewarna kain yang dibuang persis di selokan atau parit.

Leonardo bersama seorang temanya mengatakan hal demikian. Pria yang bermukim di Jalan SKI ini penasaran akan penyebab yang mengakibatkan air sungai seperti darah. Setelah mengetahui apa sebab musababnya, ia membawa barang bukti tepung pewarna kain yang masih dibungkus dalam goni plastik.

Aliran air Sungai Bah Bolon yang berubah menjadi warna merah.

"Pewarna kain ini yang buat. Banyak goni bertempuk diletakkan di selokan parit," katanya dikerumunan warga di Jalan SKI, Senin (7/8/2017).

Leonardo menduga, ada orang yang tidak bertanggung jawab membuang zat pewarna itu tepat diselokan. Sehingga tepung pewarna itu merebak bersama sama dengan air dan mencemarinya sampai berwarna merah.

"Sudah kami bersihkan tadi, gak ada lagi disitu (pewarna kain). Memang yang buang itu, tadi malam saya rasa dibuatnya disitu," sambung Leo diamini temannya.

Pewarna pakaian yang dibuang ke aliran Sungai Bah Bolon.

Selain di Jalan SKI, kerumunan warga dan penggunan jalan pun ramai di seputaran Jalan DI Panjaitan Kecamatan Siantar Selatan. Kejadian yang tidak lazim ini pun menarik perhatian warga, sehingga mengakibatkan gangguan lalu lintas.

Salah seorang warga  yang ditemui di lokasi mengatakan, zat pewarna yang berupa tepung tadi sering digunakan untuk pewarna kain ulos atau penenun. Ibu berambut sebahu menambahkan, sudah hampir 3 jam dan pewarna mencemari air sungai yang mengalir deras.

Penulis: Hug. Editor: Aan.