Mengenaskan, Karyawan PT HSJ Tewas Tertimpa Mesin Pabrik

Posisi korban Rudi Irawan (35) saat tertimpa tiang penyangga mesin milik PT HSJ, Sabtu (29/7/2017). (foto : Berman)

Labuhanbatu, hetanews.com - Malang nian nasib Rudi Irawan (35), tewas saat melaksanakan tugas sebagai karyawan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Hari Sawit Jaya (HSJ), di Desa Sidomulyo Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Sabtu (29/7/2017) sekira pukul 18.30 WIB.

Hal itu diungkapkan Kapolsek Bilah Hilir, AKP PS Simbolon melalui Kanit Reskrim, Ipda T  Siburian ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (31/7/2017).

Awalnya terang Siburian, korban melaksanakan tugas sebagaimana mestinya, di PKS perusahaan Asian Agri Group itu, tepatnya saat mengkorek cangkang (kulit kelapa sawit) agar pada posisi yang diinginkan.

Namun entah bagaimana, korban tertimpa mesin pengolah cangkang dari atas. Ini mengakibatkan korban tewas di tempat.

Mayat korban saat divisum di Rumah Sakit Persiapan Negeri Lama, Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu.(foto: Berman)

"Korban tertimpa peralatan pabrik, itu sebabnya meninggal, visumnya juga telah dilakukan,” ungkap Kanit Reskrim yang baru bertugas di Polsek Bilah Hilir itu.

Manager PKS 1, Miston Sembiring melalui Humas, Gregorius Bangun yang ditemui wartawan di Rumah Sakit Umum (RSU) Persiapan Negerilama, Sabtu (29/7/2017) kepada wartawan mengatakan, korban meninggal karena kecelakaan kerja fa  tidak ada hal yang mencurigakan. “Kecelakaan kerja,” ungkapnya singkat. 

Menurut karyawan yang tidak bersedia identitasnya disebutkan kepada wartawan menerangkan,warga Padang Halaban, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) itu, meninggal disebabkan runtuhnya mesin Selvin, di mana bobotnya sekira 80 ton.

Ini diawali dengan rubuhnya tiang penyanggah mesin kemudian menimpa korban.

“Tiang penyanggah rubuh disertai Selvin menimpa korban,” ungkap karyawan itu. 

Katanya lagi, kekhawatiran akan rubuhnya tiang penyanggah dimaksud sudah disampaikan kepada pimpinan pabrik, namun tidak mendapat tanggapan apapun.

 

Penulis: BS. Editor: gun.