Gepenta Dukung Kapolres Simalungun Tangkap Bandar Besar Narkoba

Ketua Umum DPN Gepenta Brigjen Pol (Purn) Parasian Simanungkalit SH MH.

Jakarta, hetanews.com - Dukungan terhadap kinerja Kapolsek Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan dalam memberantas sindikat narkoba terus mengalir.

Jajaran Kepolisian di Simalungun tidak perlu takut menghadapi manuver-manuver yang dilakukan bandar narkoba.

Ketua Umum DPN Gepenta (Gerakan Nasional Peduli Anti Narkoba, Tawuran dan Anarkis), Brigjen Pol (Purn) Parasian Simanungkalit mengatakan, dukungan masyarakat kepada Kapolsek Simalungun belum merupakan keberhasilan yang dapat dibanggakan. Oleh karena itu, dia berharap jajaran Kepolisian setempat tidak hanya menangkap pengguna narkoba dan pengedar kecil-kecilan. 

"Belum ada tertangkap bandar dan pengedar besar di sana. Kalau bandar besar itu bisa ketangkap, barulah kita angkat jempol kepada Kapolres Simalungun," ujar Parasian kepada hetanews, Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Menurut Parasian, Kabupaten Simalungun dan Kota Siantar merupakan wilayah terbanyak ketiga dari banyaknya pengguna dan peredaran narkoba setelah Kota Medan dan Kota Tebingtinggi. 

"Tiga Kapolres Simalungun belakangan ini tidak mampu mengatasi oknum Polres yang terlibat peredaran narkoba. Informasi ini saya terlima dari laporan kader Gepenta," ungkapnya. 

Di sisi lain, tambahnya, masyarakat mengharapkan jajaran kepolisian dapat mengungkap jaringan pengedar yang membawa narkoba dari Medan dan Tebingtinggi serta penyelundupan narkoba yang masuk dari Tanjungpura.

Akan tetapi, sergahnya kemudian, upaya pemberantasan narkoba harus bersih dimulai dari personil kepolisian untuk tidak terlibat jaringan pengedar atau mengonsumsi narkoba. 

"Bersihkan dulu kepolisian di sana dengan melakukan tes urine, terus dilanjutkan kepada pejabat daerah setempat. Semoga perang terhadap narkoba di Siantar dan Simalungun dilakukan terus menerus secara intensif," tandasnya.

Secara terpisah, warga Jalan Narumonda Atas, Kampung Kristen, Siantar, Tohap Napitupulu merasa prihatin terhadap maraknya peredaran narkoba di Siantar dan Simalungun. Ia menekankan seluruh elemen masyarakat agar turut serta memberantas narkoba.

"Kejahatan sindikat narkoba yang mengurat mengakar ini mengundang keprihatinan seluruh anak bangsa. Bandar besar berkolaborasi kepada banyak pihak untuk memuluskan peredaran barang haram itu," singkatnya.

Penulis: Edo. Editor: Aan.