Tiga Pencuri di Dinas Peternakan Sumut Akhirnya 'Nyangkut'

Ketiga pelaku diamankan di Polsek Sunggal. (foto : Ardiansyah)

Medan, hetanews.com - Tiga pelaku pencurian di kantor Dinas Peternakan Sumut,  Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Lalang, Kecamatan Medan Sunggal ditangkap polisi.

Ketiga pelaku yaitu Suga Jemra Rangkuti (34) warga Gatot Subroto Komplek Dinas Peternakan, Diki Wahyudi (34) warga Pinang Baris, Kelurahan Lalang, Kecamatan Medan Sunggal dan Surya Darmaji Hutasoit (35) warga Perumahan Sri Gunting, Desa Sunggal Kanan, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang.

Kapolsek Sunggal,  Kompol Daniel Marunduri mengatakan, awalnya petugas sekuriti kantor Dinas Peternakan Sumut melakukan patroli pada Minggu (16/7/2017) sore. 

Disitu, sekuriti melihat melihat 1 unit mobil angkutan umum KPUM trayek 64 sedang parkir di samping gudang kantor itu. Sekuriti yang penasaran mendekati dan melihat 3 goni ditumpukkan di samping gudang kantor itu. 

"Sekuriti lalu melakukan pemeriksaan di dalam gudang dan melihat 1 kardus berisikan pakaian para medis, kaca mata, masker dan sarung tangan sudah hilang," katanya, Senin (17/772017).

Kejadian itu dilaporkan ke polisi.  Petugas Polsek Sunggal yang mendapat informasi melakukan penyelidikan. 

"Setelah dilakukan cek Tempat Kejadian Perkara (TKP),  petugas kita mencurigai sebuah rumah yang dihuni pelaku Suga Jemra Rangkuti. Setelah digeledah ternyata ketiga pelaku berada di dalam rumah. Disitu petugas kita juga menemukan barang bukti yang dicuri," ujarnya. 

Saat diinterogasi pelaku mengakui perbuatannya. "Pelaku Suga Jemra Rangkuti masuk ke dalam gudang melalui jendela dan barang curiannya dioper ke pelaku Diki Wahyudi," jelasnya. 

Selanjutnya, pelaku Diki mengantar barang hasil jarahannya ke mobil angkutan yang dikemudikan Surya Darmaji Hutasoit. "Barang hasil curian itu mereka jual ke botot,"   tambahnya. 

Dari pelaku disita barang bukti 1 unit mobil angkot KPUM 64 nomor polisi (nopol) BK 1549 GQ, 50 pasang pakaian para medis, 48 kaca mata medis, 50 masker, 200 sarung tangan dan 3 goni berkas Dinas Peternakan Sumut.

"Ketiga pelaku dijerat dengan Pasal 363 ayat (1) ke 4e KUHPidana. Ancaman hukumannya  7 tahun penjara," sebutnya. 

Penulis: Ardiansyah. Editor: Aan.