Kementerian Perindustrian Buka Bimtek Produksi IKM Tenun Ulos Simalungun

Direktur Jendral IKM, Gati Wibawaningsih (tengah) saat menyerahkan bantuan.

Simalungun,hetanews.com- Kementerian perindustrian c.q Direktorat Jenderal (Ditjen) Industri Kecil dan Menengah (IKM), menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) produksi dan memberikan bantuan mesin bagi IKM tenun ulos di Kabupaten Simalungun, Senin (17/07/2017).

Kegiatan yang berlangsung di Simalungun Rooms Sapadia Hotel, di Jalan Diponegoro, Kelurahan Simalungun, Kecamatan Siantar Barat, Kota Siantar ini bertujuan untuk tindak lanjut dari kunjungan Presiden RI Joko Widodo pada acara festival Danau Toba pada Tahun 2016 yang lalu.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas produksi para perajin tenun ulos di Kabupaten Simalungun dalam rangka mengembangkan sentra IKM tenun ulos di Kabupaten Simalungun, ujar Gati Wibawaningsih selaku Direktorat Jendral IKM.

Seperti kita ketahui bersama, bahwa tenun merupakan warisan budaya bangsa Indonesia yang perlu kita kembangkan. Tenun Nusantara memiliki berbagai motif yang khas dan kental dengan nilai budaya daerah asalnya yang patut kita lestarikan.

Para perajin tenun di sentra industri dan menengah di berbagai wilayah Nusantara, termasuk di Kabupaten Simalungun. Mengingat besarnya potensi industri tenun, kementerian perindustrian ingin menjadikan tenun sebagai worlds heritage seperti halnya batik yang telah diakui dunia sebagai warisan budaya tak benda asli Indonesia.

Foto bersama usai menyerahkan bantuan.

Bimbingan teknis dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 17 - 21 Juli 2017. Jumlah peserta sebanyak 20 orang dan sudah dibentuk kelompok usaha bersama (KUB) Hiou Sinopsis dengan ketua Alberson Purba.
Dan Pangulu Nagori Pematang Panombeian, Kecamatan Panombeian Panei, Jarisman Sinaga sebagai pembina.

Kegiatan bimtek dilaksanakan di Huta Bah Torop Nagori Pamatang Panombeian, Kecamatan Panombeian Panei, Kabupaten Simalungun. Bantuan mesin yang diberikan berupa 11 unit ATBM, 1 unit alat Hani dan 5 unit alat kelos benang diserahkan Dirjen IKM kepada Sekertaris Dinas Perindag Kabupaten Simalungun.

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekdis Perindag Kabupaten Simalungun, perwakilan dari Dinas Pariwisata kabupaten Simalungun, Himpunan Masyarakat Simalungun Indonesia (HMSI), Ketua Yayasan Museum Simalungun Indonesia, Pangulu Nagori Pematang Panombeian, Partuha Maulana Simalungun, kepala PNBD Kota Siantar, serta perwakilan Distan Simalungun.

Kami berharap kegiatan ini akan ditindak lanjuti oleh Pemda Kabupaten Simalungun, berupa pendampingan dan dapat difasilitasi dalam festival Danau Toba, mengingat Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata yang dikelilingi oleh beberapa kabupaten, termasuk kabupaten Simalungun.

Sehingga diharapkan kabupaten Simalungun dapat dalam mewujudkan dan mengangkat Danau Toba sebagai destinasi wisata, ujar Direktur Jendral IKM, Gati Wibawaningsih.

Penulis: Zai. Editor: gun.